Teknik Pembuatan Carport yang Kuat

Kanopi Minimalis / Carport

Carport sudah jadi sisi tidak dipisahkan dari satu rumah. Sayangnya, pengerjaan carport sering tidak dikerjakan dengan jeli serta meremehkan beberapa hal penting. Mengakibatkan dalam kurun waktu yang singkat, carport selekasnya alami kehancuran. Nah, bagaimana sebetulnya teknik pengerjaan carport yang kuat? Bila Anda merencanakan membuat carport, semestinya baca tehnik pengerjaan carport yang kuat dari pertama sampai akhir di bawah ini.

1. Membuat subgrade yang konstan

Beberapa orang tidak memerhatikan utamanya landasan yang kuat pada carport. Sering carport dibuat dengan menguruk halaman depan lalu memadatkannya, selanjutnya menempatkan keramik di atasnya. Landasan semacam ini tentu saja bukan landasan yang kuat untuk carport.

Untuk bikin landasan yang kuat, siapkanlah susunan subgrade terlebih dulu. Triknya, membersihkan serta ratakan ruang yang akan dipakai jadi carport. Selanjutnya padatkan dengan memakai mesin pemadat atau stamper supaya landasan carport betul-betul konstan hingga nanti permukaan carport tidak gampang retak.

Seterusnya di atas subgrade, tambahkanlah batu kali berdiameter 20 cm atau gravel supaya membuat susunan yang padat. Susunan batu kesempatan ini akan tingkatkan kepadatan subgrade serta menghindarkan tanah naik ke atas. Baru kemudian hamparkan pasir atau sirtu dengan ketebalan kira-kira 5 cm.

2. Persiapan serta proses pengecoran beton yang benar

Pada tingkatan ini, semestinya lihatlah kualitas beton yang akan dipakai dalam pengecoran. Mengenai kualitas beton dikatakan dengan unit K. Makin tinggi angka yang diperlihatkan, karena itu makin bagus juga kualitas beton itu serta tentu saja harga makin mahal juga. Misalnya saja K200 atau K300.

Untuk carport rumah, beton K200-K250 telah memenuhi walau diperlukan waktu yang lumayan lama agar beton cor sampai kemampuan optimal yaitu seputar 28 hari. Tapi bila dicari waktu, pakai beton K300 yang memerlukan waktu kurang dari 28 hari untuk sampai kemampuan optimal. Tidak hanya penentuan kualitas beton, lihat juga tentang penggunaan perkuatan berbentuk wire mesh atau tulangan beton. Untuk kepentingan carport, tulangan beton yang dipakai sekitar di antara tulangan ukuran 8 cm sampai 10 cm.

Bila kualitas beton serta tulangan beton telah disediakan, baru proses pengecoran dapat diawali. Semestinya proses pengecoran dikerjakan dengan terus-terusan ataukah tidak terputus agar hasil pengecoran lebih maksimal. Untuk memperoleh hasil paling baik, kerjakan pengecoran beton pada malam hari.

3. Step pelapisan carport untuk estetika

Beton cor jadi pilihan favorit serta bahan yang baik untuk carport. Tetapi penampilan lantai carport yang dibikin dari beton cor kurang menarik sebab warnanya yang kusam. Karena itu, Anda dapat lakukan step pelapisan carport beton cor dengan beberapa pilihan bahan seperti beton cap serta floor harderner.

a. Beton cap

Dengan memakai beton cap, ditanggung penampilan lantai carport Anda jadi lebih cantik. Untuk menggunakan beton cap, tebarkanlah bahan color harderner terlebih dulu waktu beton cor ada dalam keadaan 1/2 kering. Selanjutnya tebarkanlah bahan release agent yang berperan menahan melekatnya zat color harderner pada alat bikin.

Baru selanjutnya diteruskan dengan tingkatan pengerjaan struktur dengan menggunakan alat bikin yang terbuat dari karet. Alat bikin ini berperan membuat struktur dengan kedalaman 3 mm s/d 1 cm. Lalu di hari selanjutnya dikerjakan proses finishing untuk menyempurnakan warna pada permukaan lantai beton carport. Bila telah usai, membersihkan permukaan lantai dengan air serta obat pembersih spesial. Lalu di hari seterusnya kerjakan proses coating menggunakan sacrifice agent.

b. Floor harderner

Floor harderner ini berupa seperti semen tapi mempunyai pigmen warna. Anda dapat pilih satu diantara variasi warna yang ada seperti warna hijau, biru, kuning atau ivory. Atau juga bisa dengan menggabungkan warna bentuk pada lantai carport beton.

Floor harderner diterapkan saat beton telah dalam kondisi setengah kering yang diikuti dengan tidak ada kubangan air di permukaannya. Seterusnya, permukaan beton digosok dengan memakai roskam kayu. Baru selanjutnya bahan floor harderner ditebarkan, diratakan serta dipadatkan dengan menggunakan roskam kayu. Nanti susunan floor harderner akan meresap serta menyatu dengan susunan beton cor yang masih memiliki kandungan sisa-sisa air. Mengenai ketebalan baik susunan floor harderner ini ialah seputar 2 mm sampai 3 mm.

Bila floor harderner telah kering, kerjakan penggosokan dengan menggunakan mesin. Selanjutnya pakai roskam besi untuk bikin struktur pada permukaan lantai. Kemudian imbuhkan cairan curing untuk menahan berlangsungnya penguapan yang begitu cepat. Penguapan yang terlalu cepat akan menyebabkan berlangsungnya keretakan.Tunggu paling tidak 2 hari sebelum carport dipakai. Susunan floor harderner yang ditambah lagi pada permukaan carport beton ini gampang dibikin bersih dari beberapa kotoran. Anda cukup bersihkan dengan memakai bensin serta air bila permukaannya terserang oli.

Nah, dari rincian di atas pasti Anda dapat memprediksi jika ongkos yang perlu dikeluarkan memang tidak dikit untuk bikin carport yang betul-betul kuat serta bagus. Tetapi jika dibanding dengan daya tahannya, Anda akan rasakan jika ongkos itu tidak terlalu berlebih. Carport yang kuat serta bagus akan meminimumkan ongkos perbaikan serta Anda dapat memakainya lebih lama .

Kontak Kami
SMS
WA
Telp